RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII / Genap
Materi
Pokok : Comperative Degree
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x
pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3. Memahami
pengetahuan (factual, koseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan
dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai
dengan konteks penggunaannya .
Indicator:
-
Membedakan
penggunaan comperative degree dan superlative degree.
-
Menggunakan
comparison degree untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.
4.10
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakantentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
Indikator:
-
Menulis
dan mempraktekan kalimat
degree of comparison untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Materi
Pembelajaran
-
Fungsi Sosial.
Mengidentifikasi, membanggakan,
memuji, mengagumi
-
Unsur Kebahasaan.
1. Fungsi
sosial
Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang, dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman.
2. Struktur
teks
a.
Who
has more students, class VIII A or
class VIII B?Class VIII B does
b.
Who
is taller, your brother or your sister? My brother is tallerthan my sister
c.
Goat
is bigger than cat, but cow is the biggest
d.
Tiger
is the wildest animal in the world
Unsur
kebahasaan/grammatical/language features :
-
Comperative degree : er, est,
more, most
-
Kata Tanya : Who
-
Tenses : present tense
-
Adjective
-
Noun
-
To be dalam present tense
-
Intonasi / Tekanan kata
-
Vocabulary
Positive Degree (Tingkat Setara)
RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris Positive degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih yang memiliki sifat sama atau setara. Ini terdiri dari dua jenis yaitu:a) Perbandingan Setara Postif
Rumus perbandingan setara positif adalah Subjek + to be + as + kata sifat + as + objek. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contoh-contoh kalimatnya berikut ini:
-
Chandra
is as smart as his older brother. [Chandra secerdas
abangnya.]
-
Raisa
is as beautiful as the moon. [Raisa secantik bulan.]
-
You
are as old as Dhani’s father. [Kamu setua ayah Dhani.]
Perbandingan setara negatif memiliki rumus Subjek + to be + not + as/so + kata sifat + as + objek
Contoh kalimat kedua rumus tersebut adalah:
-
Chandra
is not as smart as his older brother. Bisa juga ditulis Chandra is not
so smart as his older brother. [Chandra tidak secerdas abangnya.]
-
Simon
Santoso is not as strong as Lee Chong Wei. [Simon Santoso tidak sekuat
Lee Chong Wei.]
2. Comparative Degree (Tingkat Lebih)
Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih yang sifatnya tidak setara. Dengan kata lain, satu benda punya kelebihan daripada benda lain. Anda tinggal menambahkan akhiran -er di belakang kata sifat atau menambahkan more di depan kata sifat. Jangan lupa memakai than sebelum menyebutkan objek (benda yang kedua).Rumusnya:
-
Subjek
+ to be + kata sifat + -er + than + objek
-
Subjek
+ to be + more + kata sifat + than + objek
Contoh kalimatnya:
-
Lee
Chong Wei is stronger than Simon Santoso. [Lee Chong Wei lebih
kuat daripada Simon Santoso.]
-
Anas
is more diligent than Lutfi. [Ansa lebih rajin daripada
Lutfi.]
Untuk beberapa situasi, comparative degree tidak menggunakan than. Mengapa?
Ini karena kedua benda yang dibandingkan tidak ditulis dalam satu kalimat.
Contohnya sebagai berikut:
-
Wawan’s
car isn’t very big. He wants a bigger car. [Mobil Wawan tidak terlalu
besar. Dia menginginkan mobil yang lebih besar.]
-
I’m
not very tall. My brother is taller. [Saya tidak terlalu tinggi.
Saudara laki-laki saya lebih tinggi.]
3. Superlative Degree (Tingkat Paling)
Superlative degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih, di mana salah satu benda paling/ter… dari benda yang lainnya. Anda tinggal menambahkan akhiran -est di belakang kata sifat atau menambahkan most di depan kata sifat. Jangan lupa untuk menambahkan the sebelum kata sifat yang berfungsi sebagai penegas.Contoh-contoh kalimatnya:
-
Sahrul
is the tallest boy among us. [Sahrul adalah anak tertinggi di
antara kami.]
-
Mr.
Susilo was the oldest man in the meeting. [Tuan Susilo adalah orang tertua
di dalam rapat tersebut.]
-
Taj
Mahal is the most luxurious cemetery in the world. [Taj Mahal adalah
kuburan paling mewah di dunia.]
-
Cristiano
Ronaldo is the most expensive football player in the world. [Cristiano
Ronaldo adalah pesepak bola termahal di dunia.]
D.
Metode
Pembelajaran
-
Pendekatan : Scientific
Approach
-
Model Pembelajaran : Discovery Learning
-
Metode :
Diskusi
E. Langkah
– Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN
PERTAMA
1.
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi
-
Salam ,
tegursapadanberdoasebelummemulaipembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi dengan
menanyakan keadaan didalam kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap
materi yang akan dipelajari.
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
-
Mengabsensipesertadidik
(mengecek siapa saja yang tidak hadir).
2. Inti
(60 menit)
A.
Exploration
-
Guru menjelaskan bentuk kata
sifat (adjective) dalam penggunaan to be pada kalimat simple
present tenses (is/are/am).
-
Memperkenalkan bentuk kalimat
simple present dalam pemakaian kata sifat (S
+ to be + adjective) dengan
beberapa contoh contoh kalimatnya.
-
Guru memfalitasi siswa dengan
memberikan penjelasan tentang comperative degree dan penggunaan “er”untuk
adjective yang 1 silabeldanpenggunaan“more” untuk adjective yang 2 silabel. Beserta
contoh-contohnya (smaller and more beautiful).
B.
Questioning
-
Memfasilitasi siswa untuk bertanya
C.
Eksperimen
-
Guru meminta siswa untuk mengingat sesuatu baik itu binatang,
teman, atau benda lain untuk mareka
jadikan sebagai object untuk membuat
kalimat comperative degree.
-
Kemudian guru mempertegas materi pembelajaran dengan model (lisan
atau tulisan)
D. association
-
Guru membagikan siswa menjadi
beberapa kelompok yang terdiri dari 2-3 orang
-
Guru memberikan lembar kerja
siswa yang berisi gambar-gambar untuk membuat kalimat comperative degree
-
Guru memberikan petunjuk dan kesempatan
kepada siswa untuk memperhatikan dan menganalisa gambar tersebut
-
Guru meminta siswa untuk
berdiskusi dengan kelompok tentang analisa gambar tersebutdan menulisnya di
kertas
E. Confirmation
-
Memfasilitasi siswa
menyampaikan hasil tugas secara lisan dan tulis .
-
Memberikan
apresiasi dan umpan balik positif
terhadap hasil tugas berbicara dan menulis siswa.
3. Penutup (5 menit)
-
Guru
memberi penegasan terhadap materi pembelajaran.
-
Guru
memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan.
-
Bersama-sama
dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran.
-
Memberikan
tugas tindak lanjut (homework)untuk menggambarkan dan membuat kalimat comperative berdasarkan gambar
masing-masing 5 kalimat
-
Sapaan
penutup.
PERTEMUAN KEDUA(2 X 40)
1.
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi
-
Salam ,
tegursapadanberdoasebelummemulaipembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi dengan
menanyakan keadaan didalam kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap
materi yang akan dipelajari.
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
-
Mengabsensipesertadidik
(mengecek siapa saja yang tidak hadir)
2.
Inti (60 menit)
D. Exploration
-
Meminta siswa untuk menempel tugas atau PR siswa didinding untuk
dilihat oleh siswa yang lain.
-
Guru Menunjukkan kembali sebuah gambar
-
Meminta tanggapan dari peserta didik berdasarkangambar yang
diberikan.
-
Memberikan
penjelasan mengenai superlative dan
penggunaan est untuk adjective
yang 1 silabel dan penggunaanmostuntuk adjective yang 2 silabel
dalam kalimat superlative untuk menyatakan dan menanyakan perbandingan sifat
orang, benda, dan binatang.
-
Guru
menjelaskan tentang penggunaan the dalam kalimat superlative.
E.
Questioning
-
Memfasilitasi siswa untuk bertanya
F.
Experiment
-
guru memberi sebuah contoh kalimat superlative degree berdasarkan
situasi dan keadaan di skolah. Misalnya
(Ani is the smartest in the class
VIIIB) atau (Andi is the most
handsome boy in my village).
-
guru mengucapkan contoh
kalimat superlative degree dalam bahasa
Indonesia dan meminta siswa untuk membuatnya kedalam bahasa Inggris.
G.
Association
-
Guru membagikan lembar kerja siswa yang berbentuk pazzle kepada
setiap pasangan
-
Guru meminta siswa untuk
berdiskusi dan bekerja sama dengan kawan
sebangku.
-
Guru memberi arahan dan
petunjuk kepada siswa mengenai bagaimana siswa mengisi jawaban yang benar dalam
bentuk pazzle.
H.
Confirmation
-
Memfalitasi siswa menyampaikan
hasil tugas secara tulisan.
-
Memberikan
apresiasi dan umpan balik positif
terhadap hasil tugas berbicara dan menulis siswa.
3.
Penutup (5 menit)
-
RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris Guru
memberi penegasan terhadap materi pembelajaran.
-
Guru
memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan.
-
Bersama-sama
dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran.
-
Sapaan
penutup.
F. Media
dan Sumber Belajar
-
Media : teks
-
Sumber Belajar : Buku Bahasa Inggris Kelas VIII
G. Penilaian RPP kurikulum 2013 SMP
PENILAIAN
A. Penilaian
1.
Kriteria Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial comperative degree.
-
Tingkat kelengkapan dan keruntutan comperative degree.
-
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli dan
percaya diri yang menyertai tindakan memahami dan membuat comperative degree.
2.
Cara Penilaian:
a.
KINERJA (praktik) : untuk menilai ketrampilan
-
Tugas menganalisis dan membuat kalimat comperative degree.
b. Observasi: untuk menilai
sikap
Penilaian
untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
-
Tindakan peserta didik dalam memahami dan
menghasilkan
-
Kalimat comperative degree sesuai fungsi
sosialnya, di dalam dan di luar kelas.
-
Kesungguhan,tanggungjawab dan kerjasama siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
-
Kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan
komunikasi
di
dalam dan di luar kelas.
c. Tes Tertulis : untuk menilai pengetahuan
Peserta didik diminta untuk :
-
membuat kalimat comperative
degree
berdasarkan fungsi sosial sesuai konteks
-
membuat kalimat comperative
degree
berdasarkan struktur teks sesuai konteks
-
membuat kalimat comperative
degree
berdasarkan unsur kebahasaan sesuai konteks.
PENILAIAN
HASIL
|
Skor maksimal
: 5 x 2
= 10
Nilai siswa = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Keterangan
penilaian :
5 = sangat
baik
4 = cukup
baik
3 = baik
2 = kurang
baik
1 = tidak
baik
1. Jenis / Teknik Penilaian :
Aspek Pengetahuan : Tes
Aspek Ketrampilan : Project Work
Aspek Sikap :
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen : Isian
3. Pedoman Penskoran
|
/