Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Friday, 12 February 2016

RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VIII / Genap
Materi Pokok             : Comperative Degree
Alokasi Waktu           : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan)

A.       Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.      Memahami pengetahuan (factual, koseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.        Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya .
Indicator:
-          Membedakan penggunaan comperative degree dan superlative degree.
-          Menggunakan comparison degree untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.

4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakantentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator:
-          Menulis dan mempraktekan kalimat degree of comparison untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.


C.    Materi Pembelajaran
-          Fungsi Sosial.

Mengidentifikasi, membanggakan, memuji, mengagumi
-          Unsur Kebahasaan.

1.      Fungsi sosial
Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang, dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
2.      Struktur teks

a.    Who has more students, class VIII A or class VIII B?Class VIII B does
b.    Who is taller, your brother or your sister? My brother is tallerthan my sister
c.    Goat is bigger than cat, but cow is the biggest
d.    Tiger is the wildest animal in the world

Unsur kebahasaan/grammatical/language features :

-          Comperative degree : er, est,  more, most
-          Kata Tanya : Who
-          Tenses : present tense
-          Adjective
-          Noun
-          To be dalam present tense
-          Intonasi / Tekanan kata
-          Vocabulary

Positive Degree (Tingkat Setara)

RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris Positive degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih yang memiliki sifat sama atau setara. Ini terdiri dari dua jenis yaitu:
a) Perbandingan Setara Postif
Rumus perbandingan setara positif adalah Subjek + to be + as + kata sifat + as + objek.  Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contoh-contoh kalimatnya berikut ini:
-          Chandra is as smart as his older brother. [Chandra secerdas abangnya.]
-          Raisa is as beautiful as the moon. [Raisa secantik bulan.]
-          You are as old as Dhani’s father. [Kamu setua ayah Dhani.]


b) Perbandingan Setara Negatif
Perbandingan setara negatif memiliki rumus Subjek + to be + not + as/so + kata sifat + as + objek
Contoh kalimat kedua rumus tersebut adalah:
-          Chandra is not as smart as his older brother. Bisa juga ditulis Chandra is not so smart as his older brother. [Chandra tidak secerdas abangnya.]
-          Simon Santoso is not as strong as Lee Chong Wei. [Simon Santoso tidak sekuat Lee Chong Wei.]

2. Comparative Degree (Tingkat Lebih)

Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih yang sifatnya tidak setara. Dengan kata lain, satu benda punya kelebihan daripada benda lain. Anda tinggal menambahkan akhiran -er di belakang kata sifat atau menambahkan more di depan kata sifat. Jangan lupa memakai than sebelum menyebutkan objek (benda yang kedua).
Rumusnya:
-          Subjek + to be + kata sifat + -er + than + objek
-          Subjek + to be + more + kata sifat + than + objek
Contoh kalimatnya:
-          Lee Chong Wei is stronger than Simon Santoso. [Lee Chong Wei lebih kuat daripada Simon Santoso.]
-          Anas is more diligent than Lutfi. [Ansa lebih rajin daripada Lutfi.]
Untuk beberapa situasi, comparative degree tidak menggunakan than. Mengapa? Ini karena kedua benda yang dibandingkan tidak ditulis dalam satu kalimat. Contohnya sebagai berikut:
-          Wawan’s car isn’t very big. He wants a bigger car. [Mobil Wawan tidak terlalu besar. Dia menginginkan mobil yang lebih besar.]
-          I’m not very tall. My brother is taller. [Saya tidak terlalu tinggi. Saudara laki-laki saya lebih tinggi.]

3. Superlative Degree (Tingkat Paling)

Superlative degree digunakan untuk membandingkan dua benda atau lebih, di mana salah satu benda paling/ter… dari benda yang lainnya. Anda tinggal menambahkan akhiran -est di belakang kata sifat atau menambahkan most di depan kata sifat. Jangan lupa untuk menambahkan the sebelum kata sifat yang berfungsi sebagai penegas.
Contoh-contoh kalimatnya:
-          Sahrul is the tallest boy among us. [Sahrul adalah anak tertinggi di antara kami.]
-          Mr. Susilo was the oldest man in the meeting. [Tuan Susilo adalah orang tertua di dalam rapat tersebut.]
-          Taj Mahal is the most luxurious cemetery in the world. [Taj Mahal adalah kuburan paling mewah di dunia.]
-          Cristiano Ronaldo is the most expensive football player in the world. [Cristiano Ronaldo adalah pesepak bola termahal di dunia.]
D.    Metode Pembelajaran
-          Pendekatan                 : Scientific Approach
-          Model Pembelajaran   : Discovery Learning
-          Metode                        : Diskusi


E.     Langkah – Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
1.    Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi
-          Salam , tegursapadanberdoasebelummemulaipembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan didalam kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Mengabsensipesertadidik (mengecek siapa saja yang tidak hadir).
2.    Inti (60 menit)
A.     Exploration
-          Guru menjelaskan bentuk kata sifat  (adjective) dalam penggunaan to be pada kalimat         simple  present tenses  (is/are/am).
-          Memperkenalkan bentuk kalimat simple present dalam pemakaian kata sifat (S + to        be + adjective) dengan beberapa contoh contoh kalimatnya.
-          Guru memfalitasi siswa dengan memberikan penjelasan tentang comperative degree dan penggunaan “er”untuk adjective yang 1 silabeldanpenggunaan“more” untuk  adjective yang 2 silabel. Beserta contoh-contohnya (smaller and more beautiful).
B.     Questioning
-          Memfasilitasi siswa untuk  bertanya
C.      Eksperimen
-          Guru meminta siswa untuk mengingat sesuatu baik itu binatang, teman, atau benda   lain untuk mareka jadikan sebagai  object untuk membuat kalimat comperative degree.
-          Kemudian guru mempertegas materi pembelajaran dengan model (lisan atau tulisan)

D. association
-          Guru membagikan siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2-3 orang
-          Guru memberikan lembar kerja siswa yang berisi gambar-gambar untuk membuat kalimat comperative degree
-          Guru memberikan petunjuk dan kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan dan menganalisa gambar tersebut
-          Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan kelompok tentang analisa gambar tersebutdan menulisnya di kertas
E.     Confirmation
-          Memfasilitasi siswa menyampaikan hasil tugas secara lisan dan tulis .
-          Memberikan apresiasi dan umpan balik positif  terhadap hasil tugas berbicara dan menulis siswa.
3.    Penutup (5 menit)
-          Guru memberi penegasan terhadap materi pembelajaran.
-          Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-          Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran.
-          Memberikan tugas tindak lanjut (homework)untuk menggambarkan dan membuat  kalimat comperative berdasarkan gambar masing-masing 5 kalimat
-          Sapaan penutup.

PERTEMUAN KEDUA(2 X 40)
1.        Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi
-          Salam , tegursapadanberdoasebelummemulaipembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan didalam kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.                                                                                              
-          Mengabsensipesertadidik (mengecek siapa saja yang tidak hadir)



2.        Inti (60 menit)
D.    Exploration

-          Meminta siswa untuk menempel tugas atau PR siswa didinding untuk dilihat oleh siswa yang lain.
-          Guru Menunjukkan kembali sebuah gambar
-          Meminta tanggapan dari peserta didik berdasarkangambar yang diberikan.
-          Memberikan penjelasan mengenai superlative dan  penggunaan est untuk adjective  yang 1 silabel dan penggunaanmostuntuk adjective yang 2 silabel dalam kalimat superlative untuk menyatakan dan menanyakan perbandingan sifat orang, benda, dan binatang.
-          Guru menjelaskan tentang penggunaan the dalam kalimat superlative.
E.     Questioning
-          Memfasilitasi siswa untuk  bertanya
F.       Experiment
-          guru memberi sebuah contoh kalimat superlative degree berdasarkan situasi dan keadaan di skolah. Misalnya  (Ani is the smartest in the class VIIIB) atau (Andi is the most handsome boy in my village).
-          guru mengucapkan  contoh kalimat  superlative degree dalam bahasa Indonesia dan meminta siswa untuk membuatnya kedalam bahasa Inggris.
G.     Association
-          Guru membagikan lembar kerja siswa yang berbentuk pazzle kepada setiap pasangan
-          Guru meminta siswa untuk berdiskusi dan  bekerja sama dengan kawan sebangku.
-          Guru memberi arahan dan petunjuk kepada siswa mengenai bagaimana siswa mengisi jawaban yang benar dalam bentuk pazzle.
H.     Confirmation
-          Memfalitasi siswa menyampaikan hasil tugas secara tulisan.
-          Memberikan apresiasi dan umpan balik positif  terhadap hasil tugas berbicara dan menulis siswa.

3.         Penutup (5 menit)

-          RPP kurikulum 2013 SMP kelas 2 bahasa inggris Guru memberi penegasan terhadap materi pembelajaran.
-          Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-          Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran.
-          Sapaan penutup.
F.      Media dan Sumber Belajar
-          Media                          : teks
-          Sumber Belajar            : Buku Bahasa Inggris Kelas VIII
G.    Penilaian RPP kurikulum 2013 SMP
PENILAIAN
A.    Penilaian
1.         Kriteria Penilaian:
-          Tingkat ketercapaian fungsi sosial comperative degree.
-          Tingkat kelengkapan dan keruntutan comperative degree.
-          Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-          Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli dan percaya diri yang menyertai tindakan memahami dan membuat comperative degree.
2.         Cara Penilaian:
a.       KINERJA (praktik) : untuk menilai ketrampilan
-          Tugas menganalisis dan membuat kalimat comperative degree.
b.      Observasi: untuk menilai sikap
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
-          Tindakan peserta didik dalam memahami dan menghasilkan
-          Kalimat comperative degree sesuai fungsi sosialnya, di dalam dan di luar kelas.
-          Kesungguhan,tanggungjawab dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
-          Kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi
  di dalam dan di luar kelas.
c.       Tes Tertulis : untuk menilai pengetahuan
Peserta didik diminta untuk :
-          membuat kalimat comperative degree berdasarkan fungsi sosial sesuai konteks
-          membuat kalimat comperative degree berdasarkan struktur teks sesuai konteks
-          membuat kalimat comperative degree berdasarkan unsur kebahasaan sesuai konteks.

PENILAIAN HASIL

Indikator Pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
-          3.9Membedakan penggunaan comperative degree dan superlative degree.
-          Menggunakan comparison degree untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan

Objective
-          Fill the pazzle bellow by using words inside.
-          Complete the sentences bellow by using appropriate words.

Menulis dan mempraktekan kalimat degree of comparison untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari

Tulisan


Odbjective
Look at the pictures and make the comperative degree sentenses .






Skor maksimal : 5 x 2 = 10
Nilai siswa =   Skor perolehan x 100
                                    Skor maksimal

Keterangan penilaian :
5 = sangat baik
4 = cukup baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = tidak baik

     1. Jenis / Teknik Penilaian  :
         Aspek Pengetahuan                    : Tes
         Aspek Ketrampilan                    : Project Work
         Aspek Sikap                               :
     2. Bentuk Instrumen dan Instrumen          : Isian
     3. Pedoman Penskoran
                                               



 





/