Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Saturday, 13 February 2016

RPP kurikulum 2013 smp perkenalan diri



Kurikulum 2013 (K-13) merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah percobaan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :        
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VII/1
Materi Pokok              : Teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,
                                          menanyakan, dan merespon perkenalan diri
Alokasi Waktu            :  8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1: Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
KI 3: Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
KI 4: Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang di wujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilakujujur, disiplin, percayadiri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
-          Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dan meresponnya dengan santun dan berani.
-          Menggunakan ungkapan perkenalan diri pada situasi yang tepat dengan baik.

4.2  Menyusunteks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
       Indikator:
-          Menyusun teks tulis sederhana tentang perkenalan diri dengan santun dan berani.
-          Mengungkapkan secara sederhana cara memperkenalkan diri dengan baik.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru, siswa, dan orang sekitar melalui cara memperkenalkan diri dengan unsur kebahasaan yang benar, percaya diri, peduli, jujur, disiplin, dan brtanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur teks:
My name is ..., I’m ..., I live in ... dan semacamnya.
Unsur kebahasaan:
-          Kosa kata
-          Tata bahasa (be, have, kata ganti I, he, she, they; kata ganti kepunyaan, my, your, his, their)
-          Ucapan
-          Tekanan kata
-          Dan intonasi

Topik:
RPP kurikulum 2013 smp perkenalan diri Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

E.     METODE PEMBELAJARAN
Scientific Learning dan Role Play.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                    : Gambar
2.      Sumber belajar       : Buku When English Rings the Bell, SMP/MTs, Kelas VII,
                                  Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Guru:
a.       menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mngecek kehadiran mereka;
b.      mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan sipelajari;
c.       mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d.      menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.

(PEMBELAJARAN INTI)

Pertemuan Pertama
Teks Memperkenalkan Diri
SISWA
GURU
Mengamati:
-          Siswa mendengarkan/ menonton interaksi memperkenalkan diri.
-          Siswa menirukan model interaksi perkenalan diri.
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri interaksi perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

1.      Menyediakan model untuk memperkenalkan diri (yang ada pada buku When English rings the Bell).
2.      Guru dengan siswa memerankan cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris.
3.      Guru menunjukkan teks memperkenalkan diri.
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia.

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan memperkenalkan diri.
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

1.      Mengingatkan agar siswa senantiasa memperkenalkan diri pada setiap konteks sosial yang memerlukannya.
2.      Memberikan penguatan,
3.      Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap perkenalan diri.
4.      Memberikan penilaian unjuk kerja.
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

1.      Memperihatkan keterkaitan teks salam dan perkenalan diri, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
2.      Memberipenegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

1.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.      Memberikan penguatan/ umpan balik.


Pertemuan kedua
Teks Memperkenalkan Diri
SISWA
GURU
Mengamati:
-          Siswa mendengarkan/ menonton interaksi memperkenalkan diri.
-          Siswa menirukan model interaksi perkenalan diri.
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri interaksi perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

4.      Menyediakan model untuk memperkenalkan diri (yang ada pada buku When English rings the Bell).
5.      Guru dengan siswa memerankan cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris.
6.      Guru menunjukkan teks memperkenalkan diri.
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia.

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan memperkenalkan diri.
Eksplorasi/ eksperimen:
RPP kurikulum 2013 smp perkenalan diri Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

5.      Mengingatkan agar siswa senantiasa memperkenalkan diri pada setiap konteks sosial yang memerlukannya.
6.      Memberikan penguatan,
7.      Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap perkenalan diri.
8.      Memberikan penilaian unjuk kerja.
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

3.      Memperihatkan keterkaitan teks salam dan perkenalan diri, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
4.      Memberipenegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

4.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
5.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
6.      Memberikan penguatan/ umpan balik.


Pertemuan ke-3 dan 4
Teks Memperkenalkan Diri
SISWA
GURU
Mengamati:
-          Siswa mendengarkan/ menonton interaksi memperkenalkan diri.
-          Siswa menirukan model interaksi perkenalan diri.
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri interaksi perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

7.      Menyediakan model untuk memperkenalkan diri (yang ada pada buku When English rings the Bell).
8.      Guru dengan siswa memerankan cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris.
9.      Guru menunjukkan teks memperkenalkan diri.
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia.

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan memperkenalkan diri.
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

9.      Mengingatkan agar siswa senantiasa memperkenalkan diri pada setiap konteks sosial yang memerlukannya.
10.  Memberikan penguatan,
11.  Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap perkenalan diri.
12.  Memberikan penilaian unjuk kerja.
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

5.      Memperihatkan keterkaitan teks salam dan perkenalan diri, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
6.      Memberipenegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

7.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
8.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
9.      Memberikan penguatan/ umpan balik.


(PENUTUP)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
-          Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
-          Memberikan umpan balik terhadapa proses dan hasil pembelajaran.
-          Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-          RPP kurikulum 2013 smp perkenalan diri Observasi, penilaian diri,teman sejawat (pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan peran yang sudah dilakukan)
-          Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa catatan pendidik.
-          Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya.

Pengetahuan:
-          Pengetahuan siswa tentang struktur teks, fitur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes tulis/lisan dan penugasan (PR,proyek)

Keterampilan:
-          Unjuk kerja/praktik, proyek, produk, portofolio.
*Proses penilaian berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.

(Kriteria Penilaian)
Dimension
Execelnt
Good
Fair
Poor
keterampila
Selalu memperkenalkan diri dengan struktur teks yang benar dan tepat dan kebahasaan yang benar


[point max 100]
Sering memperkenalkan diri dengan struktur teks yang benar dan tepat dan kebahasaan yang benar


[point max 80]
Jarang memperkenalkan diri dengan struktur teks yang benar dan tepat dan kebahasaan yang benar


[point max 65]
Sesekali memperkenalkan diri dengan struktur teks yang benar dan tepat dan kebahasaan yang benar

[point max 50]
Pengetahuan
100 - 90
89 - 70
69 - 50
49 - 0
sikap
1.      Observasi, penilaian diri, teman sejawat.
2.      Pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penialaian (rating scale) yang disertai rubrik.
3.      Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa cataan pendidik.
4.      Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sifat dan keterampilannya sangat sempurna.

[point 100 – 90]

1.      Observasi, penilaian diri, teman sejawat.
2.      Pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penialaian (rating scale) yang disertai rubrik.
3.      Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa cataan pendidik.
4.      Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sifat dan keterampilannya sempurna.


[point 89 – 70]
1.      Observasi, penilaian diri, teman sejawat.
2.      Pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penialaian (rating scale) yang disertai rubrik.
3.      Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa cataan pendidik.
4.      Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sifat dan keterampilannya sedang


[point 69 – 50]
1.      Observasi, penilaian diri, teman sejawat.
2.      Pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penialaian (rating scale) yang disertai rubrik.
3.      Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa cataan pendidik.
4.      Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sifat dan keterampilannya buruk.
 
[point 49 –0]

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.





2.





3.





4.





5.






Jumlah




Keterangan skor:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang baik

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:
Skor maksimal                   :         4 x4 = 16
Penentuan nilai                  :         nilai siswa = skor yang diperoleh x 100
                                                                             Skor maksimal