RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks lisan untuk sapaan, pamitan, ucapan
terima kasih, dan permintaan maaf
Alokasi Waktu : 12
x 40 menit ( 6x pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
KI 3:
Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
KI 4:
Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkanperilakusantundanpedulidalammelaksanakankomunikasi
interpersonal dengan guru danteman.
3.1 Memahamifungsisosial, strukturteks,
danunsurkebahasaanpadaungkapansapaan, pamitan, ucapanterimakasih,
danpermintaanmaaf, sertaresponnya, sesuaidengankontekspenggunaannya.
Indokator:
-
Siswa mampu
mengucapkan sapaan, pamitan, permintaan maaf, dan meresponnya dengan baik,
berani, dan santun.
-
Siswa mampu
membedakan jenis sapaan sesuai dengan waktu penggunaannya.
-
Siswa mampu mengucapkan
terima kasih, dan merespon ungkapan terima kasihdengan baik, berani, dan
santun.
4.1 Menyusuntekslisansederhanauntukmengucapkandanmeresponsapaan,
pamitan, ucapanterimakasih, danpermintaanmaaf, denganmemperhatikanfungsisosial,
strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuaikonteks.
Indikator:
-
Siswa mampu
menyusun teks tulis untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, dan terima
kasih.
-
Siswa mampu
berdialog dengan temannya menggunakan sapaan, pamitan, meminta maaf, dan
ungkapan terima kasih.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris Siswa terampil untuk menjalin hubungan interpersonal
dengan guru, siswa, dan orang sekitar dengan menggunakan ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan struktur yang runtut
dan unsur kebahasaan yang benar, secara bertanggung jawab, peduli, kerjasama
dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan
orang-orang sekitar.
Struktur teks:
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Good morning! How
are you? Fine, thank you. And you? Dan
semacamnya.
b. Good bye! Bye! See
you later. See you. Take care. Dan semacamnya.
c. Thank you.You are
welcome. Dan semacamnya.
d. I’m sorry.That’s
fine, okay. Allright. Dan semacamnya.
Unsur kebahasaan:
Kosa kata, tata
bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik:
Berbagai hal
terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
dalam maupun di luar kelas.
E.
METODE PEMBELAJARAN
Communicative approach/Scientific Approach and Role Play.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : Gambar
2. Sumber Belajar : Buku When English Rings the Bell,
SMP/MTs, kelas VII,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
(PENDAHULUAN)
Guru:
a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran dengan mngecek kehadiran mereka;
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang
sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan sipelajari;
c. mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau
tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d. menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan
tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan
permasalahan atau tugas.
(PEMBELAJARAN INTI)
Pertemuan ke-1 dan
2
Teks ungkapan salam
dan sapaan
SISWA
|
GURU
|
Mengamati:
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan sapaan.
|
Menyediakan model untuk ungkapan sapaan (yang ada pada buku When English
rings the Bell, dari halaman 2)
|
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai
ungkapan sapaan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya dalam bahasa
Indonesia.
|
Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan sapaan.
|
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa menyapa dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
|
Mengingatkan agar siswa senantiasa mengungkapkan sapaan, pamitan, ucapan
terima kasih, dan permintaan maaf pada setiapkonteks sosial yang
memerlukannya.
|
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan sapaan yang telah dipelajari dengan yang ada
di berbagai sumber lain.
|
Memperihatkan keterkaitan teks salanm dan sapaan, serta membimbing siswa
untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan
dalam teks.
|
Komunikasi/ jaringan:
Siswa menyapa dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
|
1.
Memberikan
nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.
Memotivasi siswa
untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di
luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.
Memberikan
penguatan/ umpan balik.
|
Pertemuan ke-3 dan 4
Teks Ungkapan
Pamitan
SISWA
|
GURU
|
Mengamati:
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan pamitan.
|
Menyediakan model dan menerapkan ungkapan pamitan
dengan Bahasa Inggris (yang ada pada buku When English rings the Bell, dari
halaman 13)
|
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
perbedaan berbagai ungkapan pamitan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya
dalam bahasa Indonesia
|
Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya
ungkapan sapaan.
|
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain
yang terstruktur.
|
1.
memberi
penguatan;
2.
memotivasi siswa
melakukan refleksi terhadap ungkapan pamitan;
3.
memberikan
penilaian unjuk kerja.
|
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan pamitan yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
|
1.
Memperihatkan keterkaitan
teks salam dan sapaan, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi,
struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
2.
Memberi penegasan
terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.
|
Komunikasi/ jaringan:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
|
1.
Memberikan
nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.
Memotivasi siswa
untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di
luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.
Memberikan
penguatan/ umpan balik.
|
Pertemuan ke-5 dan 6
Teks Ucapan
berterima kasih dan permintaan maaf
SISWA
|
GURU
|
Mengamati:
-
Siswa
mendengarkan/ menonton interaksi ucapan
terima kasih, dan permintaan maaf.
-
Dengn bimbingan
dan arahan guru, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri interaksi sapaan,
pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan).
|
Menyediakan model dan contoh ungkapan terima kasih dan permintaan dengan
Bahasa Inggris (yang ada pada buku When English rings the Bell, dan sumber
lain).
|
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
perbedaan berbagai ungkapan pamitan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya
dalam bahasa Indonesia
|
Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih,dan permintaan maaf.
|
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain
yang terstruktur.
|
1.
Mengingatkan agar
siswa senantiasa mengucapkan terima kasih, dan permintaan maaf pada setiap
konteks sosial yang memerlukannya;
2.
memberi
penguatan;
3.
memotivasi siswa
melakukan refleksi terhadap ungkapan pamitan;
4.
memberikan
penilaian unjuk kerja.
|
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan pamitan yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
|
1.
Memperihatkan keterkaitan
teks ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta membimbing siswa untuk
menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam
teks.
2.
Memberi penegasan
terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.
|
Komunikasi/ jaringan:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
|
1.
Memberikan
nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.
Memotivasi siswa
untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di
luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.
Memberikan
penguatan/ umpan balik.
|
(PENUTUP)
- RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris Guru bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
-
Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
-
Memberikan umpan
balik terhadapa proses dan hasil pembelajaran.
-
Memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-
Observasi,
penilaian diri,teman sejawat (pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri
dan temannya dengan peran yang sudah dilakukan)
-
Jurnal, di dalam
dan di luar kelas, berupa catatan pendidik.
-
Guru mengobservasi
dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya.
Pengetahuan:
-
Pengetahuan siswa
tentang struktur teks, fitur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes
tulis/lisan dan penugasan (PR,proyek)
Keterampilan:
-
Unjuk
kerja/praktik, proyek, produk, portofolio.
*Proses penilaian berlangsung selama pembelajaran
berlangsung yang dimulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
(Kriteria
Penilaian)
Dimension
|
skor
|
|
Keterampilan
|
Bekerja sama
Komunikasi
|
1.
Selalu bekerja
sama 5
2.
Sering bekerja
sama 4
3.
Beberapa kali
bekerja sama 3
4.
Pernah bekerja
sama 2
5.
Tidak pernah
bekerja sama 1
1. Selalu berkomunikasi dengan ungkapan yang tepat 5
6.
Sering
berkomunikasi denganungkapan yang tepat 4
7.
Beberapa kali menggunakanungkapan
yang tepat 3
8.
Pernah
menggunakan ungkapan yang tepat 2
9.
Tidak pernah
menggunakan komunikasi yang tepat 1
|
Pengetahuan
|
Kelancaran berkomunikasi
Intonasi
Pengucapan
|
1.
Sangat lancar 5
2.
Lancar 4
3.
Cukup lancar 3
4.
Kurang lancar 2
5.
Tidak lancar 1
1.
Hampir sempurna 5
2.
Ada beberapa
kesalahan, tapi tidak mengganggu makna 4
3.
Ada beberapa
kesalahan 3
4.
Banyak kesalahan
2
5.
Terlalu banyak
kesalahan, sulit di pahami 1
1.
Hampir sempurna 5
2.
Ada beberapa
kesalahan, tapi tidak mengganggu makna 4
3.
Ada beberapa kesalahan
3
4.
Banyak kesalahan
2
5.
Terlalu banyak
kesalahan, sulit di pahami 1
|
Sikap
|
Berani (brave)
Percaya diri
(confidence)
Rasa Hormat
|
1.
Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak berani 5
2.
Pernah
menunjukkan sikap tidak berani 4
3.
Beberapa kali menunjukkan
sikap tidak berani 3
4.
Sering
menunjukkan sikap tidak berani 2
5.
Sangat sering
menunjukkan sikap tidak berani 1
1.
Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri 5
2.
Pernah menunjukkan
sikap tidak percaya diri 4
3.
Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak percaya diri 3
4.
Sering menunjukkan
sikap tidak percaya diri 2
5.
Sangat sering menunjukkan
sikap tidak percaya diri 1
1.
Tidak pernah menunjukkan
sikap tidak hormat 5
2.
Pernah menunjukkan
sikap tidak hormat 4
3.
Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak hormat 3
4.
Sering menunjukkan
sikap tidak hormat 2
5.
Sangat sering menunjukkan
sikap tidak hormat 1
|
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan skor:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang baik
Kriteria penilaian
dapat dilakukan sebagai berikut:
Skor maksimal : 4 x4 = 16
Penentuan nilai : nilai siswa = skor yang diperoleh x 100
Skor
maksimal