Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Friday, 12 February 2016

RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          :        
Mata Pelajaran                :        Bahasa Inggris
Kelas/Semester                 :        VII/1
Materi Pokok                   :        Teks lisan untuk sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf
Alokasi Waktu                 :        12  x 40 menit ( 6x pertemuan)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1: Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
KI 3: Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
KI 4: Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.


B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkanperilakusantundanpedulidalammelaksanakankomunikasi interpersonal dengan guru danteman.
3.1  Memahamifungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaanpadaungkapansapaan, pamitan, ucapanterimakasih, danpermintaanmaaf, sertaresponnya, sesuaidengankontekspenggunaannya.
       Indokator:
-          Siswa mampu mengucapkan sapaan, pamitan, permintaan maaf, dan meresponnya dengan baik, berani, dan santun.
-          Siswa mampu membedakan jenis sapaan sesuai dengan waktu penggunaannya.
-          Siswa mampu mengucapkan terima kasih, dan merespon ungkapan terima kasihdengan baik, berani, dan santun.

4.1  Menyusuntekslisansederhanauntukmengucapkandanmeresponsapaan, pamitan, ucapanterimakasih, danpermintaanmaaf, denganmemperhatikanfungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuaikonteks.
       Indikator:
-          Siswa mampu menyusun teks tulis untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, dan terima kasih.
-          Siswa mampu berdialog dengan temannya menggunakan sapaan, pamitan, meminta maaf, dan ungkapan terima kasih.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris Siswa terampil untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru, siswa, dan orang sekitar dengan menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan struktur yang runtut dan unsur kebahasaan yang benar, secara bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang-orang sekitar.

Struktur teks:
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.       Good morning! How are you? Fine, thank you. And you? Dan semacamnya.
b.      Good bye! Bye! See you later. See you. Take care. Dan semacamnya.
c.       Thank you.You are welcome. Dan semacamnya.
d.      I’m sorry.That’s fine, okay. Allright. Dan semacamnya.

Unsur kebahasaan:
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

Topik:
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.


E.     METODE PEMBELAJARAN
Communicative approach/Scientific Approach and Role Play.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.      Media                    :         Gambar
2.      Sumber Belajar      :         Buku When English Rings the Bell, SMP/MTs, kelas VII,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
(PENDAHULUAN)
Guru:
a.       menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mngecek kehadiran mereka;
b.      mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan sipelajari;
c.       mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d.      menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.



(PEMBELAJARAN INTI)

Pertemuan ke-1 dan 2
Teks ungkapan salam dan sapaan

SISWA
GURU
Mengamati:
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan sapaan.

Menyediakan model untuk ungkapan sapaan (yang ada pada buku When English rings the Bell, dari halaman 2)
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan sapaan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia.

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan sapaan.
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa menyapa dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengingatkan agar siswa senantiasa mengungkapkan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf pada setiapkonteks sosial yang memerlukannya.

Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan sapaan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

Memperihatkan keterkaitan teks salanm dan sapaan, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa menyapa dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

1.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.      Memberikan penguatan/ umpan balik.



Pertemuan ke-3 dan 4
Teks Ungkapan Pamitan

SISWA
GURU
Mengamati:
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ungkapan pamitan.
Menyediakan model dan menerapkan ungkapan pamitan dengan Bahasa Inggris (yang ada pada buku When English rings the Bell, dari halaman 13)

Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan pamitan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan sapaan.
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

1.      memberi penguatan;
2.      memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap ungkapan pamitan;
3.      memberikan penilaian unjuk kerja.
Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan pamitan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
1.      Memperihatkan keterkaitan teks salam dan sapaan, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
2.      Memberi penegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

1.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.      Memberikan penguatan/ umpan balik.



Pertemuan ke-5 dan 6

Teks Ucapan berterima kasih dan permintaan maaf

SISWA
GURU
Mengamati:
-          Siswa mendengarkan/ menonton interaksi ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
-          Dengn bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Menyediakan model dan contoh ungkapan terima kasih dan permintaan dengan Bahasa Inggris (yang ada pada buku When English rings the Bell, dan sumber lain).

Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan berbagai ungkapan pamitan dalam Bahasa Inggris, dan perbedaannya dalam bahasa Indonesia

Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih,dan permintaan maaf.
Eksplorasi/ eksperimen:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

1.      Mengingatkan agar siswa senantiasa mengucapkan terima kasih, dan permintaan maaf pada setiap konteks sosial yang memerlukannya;
2.      memberi penguatan;
3.      memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap ungkapan pamitan;
4.      memberikan penilaian unjuk kerja.

Mengasosiasiakan:
Siswa membandingkan ungkapan pamitan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
1.      Memperihatkan keterkaitan teks ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.
2.      Memberi penegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa.

Komunikasi/ jaringan:
Siswa berpamitan dengan Bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

1.      Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.
2.      Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan ungkapan menyapa/ berpamitan baik di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.
3.      Memberikan penguatan/ umpan balik.




(PENUTUP)

-          RPP kurikulum 2013 SMP kelas 1 bahasa inggris Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
-          Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
-          Memberikan umpan balik terhadapa proses dan hasil pembelajaran.
-          Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-          Observasi, penilaian diri,teman sejawat (pencapaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan peran yang sudah dilakukan)
-          Jurnal, di dalam dan di luar kelas, berupa catatan pendidik.
-          Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya.

Pengetahuan:
-          Pengetahuan siswa tentang struktur teks, fitur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes tulis/lisan dan penugasan (PR,proyek)

Keterampilan:
-          Unjuk kerja/praktik, proyek, produk, portofolio.

*Proses penilaian berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
(Kriteria Penilaian)

Dimension

skor
Keterampilan
Bekerja sama






Komunikasi
1.      Selalu bekerja sama 5
2.      Sering bekerja sama 4
3.      Beberapa kali bekerja sama 3
4.      Pernah bekerja sama 2
5.      Tidak pernah bekerja sama 1

1. Selalu berkomunikasi dengan ungkapan yang tepat 5
6.      Sering berkomunikasi denganungkapan yang tepat 4
7.      Beberapa kali menggunakanungkapan yang tepat 3
8.      Pernah menggunakan ungkapan yang tepat 2
9.      Tidak pernah menggunakan komunikasi yang tepat 1
Pengetahuan
Kelancaran berkomunikasi





Intonasi






Pengucapan

1.      Sangat lancar 5
2.      Lancar 4
3.      Cukup lancar 3
4.      Kurang lancar 2
5.      Tidak lancar 1

1.      Hampir sempurna 5
2.      Ada beberapa kesalahan, tapi tidak mengganggu makna 4
3.      Ada beberapa kesalahan 3
4.      Banyak kesalahan 2
5.      Terlalu banyak kesalahan, sulit di pahami 1

1.      Hampir sempurna 5
2.      Ada beberapa kesalahan, tapi tidak mengganggu makna 4
3.      Ada beberapa kesalahan 3
4.      Banyak kesalahan 2
5.      Terlalu banyak kesalahan, sulit di pahami 1

Sikap
Berani (brave)





Percaya diri
(confidence)





Rasa Hormat
1.      Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani 5
2.      Pernah menunjukkan sikap tidak berani 4
3.      Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani 3
4.      Sering menunjukkan sikap tidak berani 2
5.      Sangat sering menunjukkan sikap tidak berani 1


1.       Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri 5
2.       Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri  4
3.       Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri 3
4.       Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri 2
5.       Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri 1

1.      Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat 5
2.       Pernah menunjukkan sikap tidak hormat  4
3.       Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat 3
4.       Sering menunjukkan sikap tidak hormat 2
5.       Sangat sering menunjukkan sikap tidak hormat 1



No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.





2.





3.





4.





5.






Jumlah





Keterangan skor:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang baik

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:
Skor maksimal                   :         4 x4 = 16
Penentuan nilai                  :         nilai siswa = skor yang diperoleh x 100
                                                    Skor maksimal