Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Wednesday, 10 February 2016

Contoh Laporan PPL (Program Praktik Lapangan)



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
 Dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, tugas guru sebagai pendidik tidaklah dapat dikatakan ringan, sebab tidak hanya memberikan bekal pada anak didik berupa ilmu pengetahuan semata, tetapi hal yang lebih penting adalah membentuk keperibadian anak didik menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, orang tua, masyarakat, agama, bangsa dan Negara.
Pendidikan merupakan proses pengembangan yang utuh menuju kearah kedewasaan dalam proses berfikir dan bertindak. Oleh karena itu seorang calon pendidik sebelum diterjunkan kedunia pendidikan hendaknya dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesi, dan kemampuan diri agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berhasil seperti yang diharapkan.
Secara teoritis mahasiswa calon guru dibangku kuliah telah mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan, namun apa yang diperoleh nampaknya belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang profesional.
Universitas Serambi Mekkah merupakan salah satu instansi pendidikan tinggi yang ada di provinsi Aceh, yang terdiri dari berbagai Fakultas Keguruan yang tunduk di bawah Fakultas Akademiknya, salah satunya yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sesuai dengan tujuan yang di harapkan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan dalam mempersiapkan tenaga pendidik, Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang mencakup keterampilan mengajar secara mandiri yang harus dijalani oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat pembentukan profesi pendidikan.
Tujuan pendidikan nasional di Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini ditegaskan dalam ketetapan MPR No. II/MPR/1998 yang menjelaskan bahwa :
“Pendidikan Nasional berdasarkan pancasila, bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil serta sehat jasmani dan rohani”.
Calon guru tidak hanya dituntut memberi materi pelajaran tetapi juga mendidik, membimbing dan mengarahkan. Salah satu bentuk kegiatan kemampuan profesi keguruan yang dilaksanakan FKIP Universitas Serambi Mekkah adalah Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang mencakup baik latihan mengajar secara langsung atau terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi penddidikan.
Salah satu lembaga pendidikan yang menampung mahasiswa praktikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas serambi Mekkah adalah “MTsN 2 Banda Aceh”.

B.     Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, maka tujuan yang hendak di capai dalam PPL ini adalah sebagai berikut :
a.       Membimbing mahasiswa kearah terbentuknya pribadi yang memiliki ketrampilan mengajar dan terampil pula dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi yang berhubungan dengan tugasnya sehari-hari sebagai pendidik.
b.      Mengarahkan mahasiswa sebagai calon pendidik agar mampu mengembangkan ilmu pendidikan sesuai dengan profesi yang dimilikinya, sehingga dapat memperoleh bermacam-macam pengalaman sensoris, intelektual, spiritual, maupun emosional.
c.       Membimbing mahasiswa sebagai calon pendidik kearah terbentuknya pribadi yang memiliki nilai, sikap pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan yang diperlukan dalam pembentukan profesi pendidik.
d.      Membentuk kepribadian mahasiswa sebagai calon pendidik yang berkualitas prima, setia kepada profesinya, menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip Ilmu kependidikan yang selaras dengan arah tujuan nasional.
 2.      Manfaat PPL
Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL, ini adalah sebagai berikut:
a.       PPL dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi calon guru yang dapat digunakan sebagai bekal untuk praktek secara langsung di tempat mengajar yang lebih riil.
b.      PPL memberikan masukan yang berharga bagi calon guru mengenai kelebihan dan kekurangan calon guru yang bersangkutan. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki kekurangannya.
Pada akhirnya sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah membentuk pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat ilmu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta cakap atau mampu dan tepat menggunakannya didalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran disekolah maupun diluar sekolah.



BAB II
GAMBARAN UMUM MTsN BANDA ACEH II
A.    Observasi Lapangan
Kegiatan PPL dilaksanakan pada bulan Februari tanggal 11 sampai 30 April 2015. Guna menunjang kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan tersebut, maka salah satu tahapan yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan sebagai kegiatan awal adalah melaksanakan kegiatan observasi lapangan (sekolah). Observasi merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara pengamatan terhadap berbagai sumber situasi dan aspek yang berkaitan dengan sekolah tempat pelaksanaan PPL.
Observasi setting kelas adalah sejumlah informasi yang terkait dengan tugas-tugas mengajar di kelas dan tugas-tugas lainya yang diperoleh siswa dari sekolah melalui wawancara dengan pihak sekolah dan informasi melalui dokumen tertulis.
Tujuan dilakukan observasi adalah untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai keadaan sekolah berikut data-data kependidikan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai calon guru yang dapat memberikan kepercayaan diri mahasiswa dalam melangkah ketahap berikutnya dan sebagai bekal untuk program berikutnya.
Kegunaan observasi ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi serta mengenal secara mendalam tentang lingkungan MTsN 2 Banda Aceh.



B.     Keadaan Guru/Pegawai dan Siswa
Adapun keadaan fisik sekolah MTsN Banda Aceh II secara rinci yaitu sebagai berikut:
Identitas Sekolah
Nama Sekolah       :  MTsN Banda Aceh II
Alamat Sekolah     :  Jln. T. Imum Lueng Bata Banda Aceh
1.      Guru/Pegawai dan Siswa
a.      Jumlah Guru / Pegawai                                          : 56 orang
-          Guru Tetap                                                      : 39 orang
-          Guru Tidak Tidak Tetap                                : 6 orang
-          Guru Kontrak                                                : -
-          Guru Honor                                                   : -
-          Pegawai Tata Usaha Tetap                            : 5 orang
-          Pegawai Tata Usaha Tidak Tetap                  : 2 orang
-          Pegawai Tidak Tetap Pustaka                       : 2 orang
-          Pesuruh Tidak Tetap                                      : 1 orang
-          Penjaga Madrasah                                         : 1 orang

b.      Jumlah Siswa
Tabel 1 : Distribusi Menurut Kelas, Dan Jenis Kelamin
No
Kelas
Jumlah
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1
VII
7
138
135
273
2
VIII
7
113
138
251
3
IX
7
98
150
248
Total
21
349
423
772

2.      Interaksi Sosial
a.       Hubungan guru dengan guru                          : Baik
b.      Hubungan guru dengan siswa                         : Baik
c.       Hubungan siswa dengan siswi                        : Baik
d.      Hubungan guru dengan pegawai uasaha        : Baik
e.       Hubungan siswa dengan keseluruhan             : Baik

C.    Keadaan Sarana dan Prasarana
MTsN 2 Banda Aceh memiliki gedung tersendiri dengan kontruksi bangunan  permanen dan juga memiliki fasilitas belajar yang memadai. Semua sarana dan prasarana  ini dibangun di atas tanah  ± 4270 m2.



Sarana Dan Prasarana MTsN Banda Aceh II tahun ajaran 2013-2014
No
Uraian
Banyaknya Ruang dan Lain- lain
Kondisi Baik
Kondisi Rusak
Jumlah
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Ruang Kepala sekolah
Ruang Kantor Guru
Kantor Tata Usaha
Ruang Belajar
Ruang Lab. Komputer
Ruang Lab. IPA
Ruang Perpustakaan
Toilet Guru
Toilet Siswa
Kantin
Lapangan Voli/Basket
Rumah Penjaga Sekolah
1
1
1
21
1
1
1
3
9
1
1
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
1
1
21
1
1
1
3
9
1
1
1
Ruang
Kantor
Kantor
Ruang
Lab
Lab
 Sumber : Tata Usaha MTsN 2 Banda Aceh
Contoh Laporan PPL (Program Praktik Lapangan) Pada saat ini kondisi sekolah tersebut sudah direhabilitasi, terutama gedung dan perlengkapan lain sudah ada penambahan. Dari table dan data diatas dapat simpulkan bahwa sarana dan prasarana yang berada di MTsN 2 Banda Aceh sudah memadai untuk kelancaran proses belajar mengajar kearah yang lebih baik tentunya.




D.    Kondisi Lingkungan Madrasah
A.  Keadaan Fisik
a.       Luas tanah                                 : 4270 m2
b.      Jumlah ruang kelas                    : 21 kelas
·      Kelas VII                              : 7
·      Kelas VIII                             : 7
·      Kelas IX                                : 7
c.       Ukuran ruang kelas                    : 1648 m2
d.      Bangunan lain yang ada                        :
·      Ruang Kepala Madrasah       : 1 ruang dengan luas 25 m2
·      Ruang Kantor                       : 1 ruang dengan luas 120 m2
·      Ruang Tata Usaha                 : 1 ruang dengan luas 60 m2
·      Ruang Laboratorium IPA     : 1 ruang dengan luas 135 m2
·      Ruang Lab Komputer           : 1 ruang dengan luas 135 m2
·      Ruang Pustaka                      : 1 ruang dengan luas 135 m2
·      Ruang UKS                          : 1 ruang dengan luas 63 m2
·      Kantin                                   : 1 ruang dengan luas 64 m2
·      Toilet                                     : 9 ruang dengan luas 36 m2
·      Lapangan                              : 544 m2
·      Parkir                                     : 144 m2
·      Taman                                   : 126 m2
·      Rumah Penjaga Madrasah    : 42 m2
·      Luas Halaman                       : 1008 m2
E.     Keadaan Lingkungan yang Mengelilingi Sekolah
a.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
1.      Sebelah Utara              : Mesjid Jami’ Lueng Bata
2.      Sebelah Selatan           : Perumahan Penduduk
3.      Sebelah Barat              : SDN 53 Banda Aceh
4.      Sebelah Timur             : Perkarangan Mesjid Jami’ Lueng Bata
b.    Kondisi lingkungan sekolah
1.    Sekolah berada di lingkungan penduduk.
2.    Kondisi lingkungan sangat bagus dimana proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan tertib. Kondisi bangunan strategis, nyaman dan tentram dari kebisingan sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan baik.



Fasilitas Sekolah MTsN 2 Banda Aceh ( Jenis dan kondisi )
No.
Fasilitas
Kualitas
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Ruang Dinas Kepala sekolah
Ruang Kantor Guru
Ruang Tata Usaha
Ruang Lab. Komputer
Ruang Lab. IPA
Toilet
Kantin
Lapangan
Rumah Penjaga Sekolah
Perpustakaan
Ruang Kelas
Laboratorium
Ruang UKS
Taman
Parkir
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik

Jumlah madrasah yang menggunakan bangunan ini : 1 madrasah



BAB III
KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN SELAMA PPL

A.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan
 Contoh Laporan PPL (Program Praktik Lapangan) Sebelum melaksanakan kegiatan teaching maupun non teaching, mahasiswa praktikan terlebih dahulu mengadakan observasi selama 2 minggu di MTsN 2 Banda Aceh. Hal  tersebut dilakukan untuk memperoleh data yang objektif dan kemudian data tersebut dikumpulkan lalu di bahas bersama sehingga dapat mengukur situasi dan kondisi sekolah yang sebenarnya.
Pelaksanaan observasi lapangan dilakukan agar mahasiswa praktikan dapat mengetahui situasi dan kondisi lingkungan sekolah, serta untuk mengetahui sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar di MTsN 2 Banda Aceh.
Dalam kegiatan observasi lapangan mahasiswa praktikan telah memperoleh beberapa pengetahuan dan informasi mengenai sekolah dan kondisi sekolah tempat latihan. Sehingga dengan data dan informasi yang telah dikumpulkan dapat memudahkan mahasiswa PPL dalam beradaptasi serta menyesuaikan diri dengan para guru, para siswa, karyawan serta kepala sekolah yang merupakan keuntungan bagi mahasiswa dalam melaksanakan PPL di MTsN 2 Banda Aceh.



B.     Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing.
Pelaksanaan mengenai keterampilan secara terbimbing bertujuan untuk memudahkan mahasiswa praktikan dalam mengajar siswa dikelas dengan baik. Dengan adanya pelatihan keterampilan mengajar terbimbing, guru pamong memberikan kesempatan kepada mahasiswa praktikan untuk mengamati dan mempelajari bagaimana seorang guru menggunakan pendekatan, metode serta strategi dalam menguasai kelas dengan dengan beragam karakter siswa.
Kemudian mahasiswa praktikan juga diberikan kesempatan untuk mengajar dibawah pengawasan dan bimbingan guru pamong. Dengan demikian guru pamong dapat menilai kekurangan dan hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa praktikan dan memberikan masukan dan arahan untuk membantu dan membimbing mahasiswa selama berada di MTsN 2 Banda Aceh.

C.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri
1.      Kegiatan Teaching
Kegiatan teaching merupakan salah satu kegiatan calon guru yang harus dilaksanakan selama Program Pengalaman Lapangan (PPL), di mana mahasiswa praktikan melakukan kegiatan tatap muka dengan siswa sesuai dengan jam pelajaran yang diberikan oleh guru pamong. Sebelum melaksanakan kegiatan mengajar di kelas, guru praktikan harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses belajar mengajar di kelas diantaranya adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan media yang digunakan dalam penyampaian materi. Apabila ada kesulitan dan masalah dapat berkonsultasi  dengan guru pamong, baik kesulitan dalam menghadapi siswa, dan kesulitan menjelaskan materi maupun metode yang sesuai.
Jadwal Mengajar Semester Genap 2015/2016
No
Jam
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
07.30-08.10
Upacara Bendera





2
08.10-08.50






3
08.50-09.30




VIII-2

4
09.30-10.10




VIII-2

ISTIRAHAT
5
10.35-11.10
VIII-5

VIII-4
VIII-5


6
11.10-11.50
VIII-5

VIII-4
VIII-5


7
11.50-12.30

VIII-3
VIII-2
VIII-4

VIII-3
SHALAT ZUHUR BERSAMA
8
13.10-13.50

VIII-3
VIII-2
VIII-4

VIII-3
           
2.      Kegiatan Non Teaching
Selain kegiatan teaching dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL), juga terdapat kegiatan non teaching yang berlangsung diluar jam pelajaran. Adapun kegiatan non teaching yang dilaksanakan oleh guru praktikan adalah :
a.    Mengobservasi
b.    Mengadakan konsultasi dengan guru pamong
c.    Menggantikan guru yang tidak hadir
d.   Melaksanakan piket pada hari yang telah ditentukan
e.    Melakukan kunjungan sosial
f.     Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin
g.    Memperingati hari besar islam
h.    Melakukan gotong royong
Aktifitas Non Teaching Semester Genap 2015/2016




















D.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Ujian Praktik Mengajar dan Penyusunan Laporan Akhir
1.      Pelaksanaan Ujian Praktik
Setelah mengikuti pelatihan secara terbimbing dan mandiri, maka tahap selanjutnya yang harus dijalani oleh mahasiswa praktikan adalah mengikuti ujian praktik mengajar yang akan dinilai langsung oleh guru pamong. Kegiatan ini merupakan kegiatan formal yang harus dilakukan untuk menilai mahasiswa dalam melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Guru pamong memberikan suatu materi pelajaran dan memberikan latihan. Hal ini akan memberikan umpan balik kepada guru praktikan. Apakah guru praktikan berhasil atau tidak dalam menyampaikan materi, serta pengelolaan kelas saat kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan ujian akhir merupakan syarat untuk memperoleh nilai pada pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) serta merupakan bagian dari penilaian secara keseluruhan.

2.      Penyusunan Laporan Akhir
Tahap akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan ialah membuat sebuah laporan tertulis tentang kegiatan yang telah dijalani selama Program Pengalaman Lapangan di sekolah praktikan sebagai syarat pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan sebagai bukti fisik bagi calon guru yang bersangkutan.



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
 Contoh Laporan PPL (Program Praktik Lapangan) Dari hasil semua kegiatan PPL yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa:
1.      Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa akan dihadapkan langsung dengan lingkungan sekolah yang sesungguhnya, menghadapi siswa sebagaimana seorang guru yang sesungguhnya meskipun hanya selama PPL.
2.      Mahasiswa PPL harus menjalankan tugasnya terlebih dalam mengajar, hendaknya seperti seorang guru yang sesungguhnya. Tidak beranggapan bahwa sekedar memenuhi tugas PPL saja akan tetapi hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati agar nantinya benar-benar bisa menjadi seorang guru yang profesional dan siap pakai dimanapun berada.
3.      Sebelum melaksanakan PPL, sangat penting bagi mahasiswa untuk benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin, seperti mempersiapkan perangkat pembelajaran, mental, ilmu teori kependidikan dan menguasai setiap materi yang akan diajarkan kepada siswa ketika berhadapan langsung dengan siswa di dalam kelas, tidak ada sedikitpun merasa kaku pada saat memberikan materi kepada siswa serta pandai dalam pengelolahan kelas, artinya seorang guru harus pandai menguasai kelas.
4.      Mahasiswa PPL juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, sehingga bisa berinteraksi dengan baik pada masyarakat sekolah, mulai kepala sekolah, guru, staf, karyawan, siswa dan semua yang ada dilingkungan sekolah. Agar selalu tercipta suasana yang harmonis dan akrab selama baerada dilokasi PPL.

B.     Saran
Contoh Laporan PPL (Program Praktik Lapangan) Agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal sebagaimana yang diharapkan oleh lembaga pendidikan disini penulis ingin mengemukakan beberapa saran antara lain :

  1. Untuk kelancaran pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL), di kemudian hari diharapkan kepada mahasiswa agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin, sebelum terjun kesekolah latihan. 
  2. Mengingat waktu pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang sangat singkat hendaknya mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin sebagai modal untuk menjadi calon guru yang professional

3.    Penulis menghimbau kepada Supervisor untuk mengoptimalkan dalam kunjungan kesekolah-sekolah agar selama PPL mahasiswa dalam menjalankan tugasnya merasa termotivasi.
4.      Penulis mengharapkan kepada pihak sekolah yang dijadikan lokasi PPL selama mahasiswa melaksanakan tugasnya agar diberi kritik, saran serta masukan yang sangat berguna.
5.      Penulis mengharapkan kepada mahasiswa PPL untuk tahun-tahun berikutnya agar banar-banar mencurahkan semua kemampuan yang di miliki dilokasi PPL.
6.    Hubungan yang baik antar mahasiswa praktikan dengan guru pamong dan dewan guru di sekolah latihan perlu terus di pupuk dan terus dijaga agar terjalin hubungan yang harmonis
Akhirnya penulis mengucapkan Alhamdulillah yang tak terhingga, karena berkat kekuatan yang Maha Kuasa penulis dapat menyelesaikan laporan ini.Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya dalam setiap pengabdian ini.
Penulis juga mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya bisa memberikan pengetahuan untuk memperbaiki diri tentunya dan juga menyadari bahwa laporan ini tidak luput dari kekurangan, semoga tulisan ini berguna bagi kita semua untuk dijadikan sebuah referensi. 

Lampiran yang harus disertakan dalam laporan PPL
  • Kalender Pendidikan
  • Rincian Minggu Efektif
  • Prosem dan Prota
  • Pemetaan
  • Sillabus
  • Biodata Diri