Pemetaan Kurikulum 2013
PEMETAAN
SEKOLAH : SMP
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER :
TAHUN
PELAJARAN : 2014/2015
SEM
|
KOMPENTENSI
INTI
|
KOMPENTESNI
DASAR
|
INDIKATOR
|
2.
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.9. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya .
|
1.
Membedakan penggunaan comperative degree dan
superlative degree.
2.
Menggunakan
comparison degree untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
4.
Pemetaan Kurikulum 2013 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.10. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakantentang perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Menulis dan mempraktekan kalimat degree of comparison untuk
menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
3.10. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan
nya .
|
1.
Mengidentifikasi fungsi sosial
dan unsur kebahasaan deskripsi.
2.
Mengetahui structure text
dalam descriptive text .
3.
Menggunakan(C3) kata tanya
yang tepat dalam menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang,
dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
|
4.11. Menangkap
makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
4.12.
Menyusun teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
1.
Mengidentifikasika makna dalam
descriptive text lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
orang, binatang, dan benda.
2.
Menulis text
descriptive monolog singkat dan sederhana,tentang orang, binatang, dan benda
dengan memperhatikan fungsi sosial, benar sesuai konteks.
|
|
|
3.11. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1.
Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terdapat
dalam kalimat simple past tense.
2.
Menggunakan kata yang tepat untuk menanyakan dan
menyatakan kejadian/ tindakan yang terjadi di waktu lampau.
|
|
|
4.13 Pemetaan Kurikulum 2013 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
1.
Menulis kejadian yang pernah terjadi diwaktu
lampau dengan menggunakan kalimat simple past tense dengan memperhatikan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
2.
Menggunakan kalimat simple past tense untuk
menceritakan kejadian waktu lampau secara lisan.
|
|
|
3.12. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan
menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1.
Mengidentifikasi
struktur
teks dan unsur kebahasaan dan fungsi sosial
teks recount pendek dan sederhana.
2.
Memahami struktur teks
dan unsur kebahasaan dan fungsi sosial
teks recount pendek dan sederhana.
3.
Menerapkan generic
sructure dalam teks recount menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan,
kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
|
|
4.14.
Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.15.
Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan,
kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1. Membuat teks recount lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
2.
Menangkap
makna teks
recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian,
peristiwa.
3.
Menulis dan menyusun teks
recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian,
peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
3.13. Pemetaan Kurikulum 2013Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan fungsi sosial dari
teks pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya .
|
1. Mengidentifikasi struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks tulis pesan singkat yang benar dan sesuai
konteks.
2.
Menyusun
teks
tulis pesan singkat yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
4.16.
Menangkap makna pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice),
sangat pendek dan sederhana.
4.17.
Menyusun teks tulis pesan singkat
dan pengumuman/ pemberitahuan (notice),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1.
Mendeskripsikan informasi rinci yang terkandung dalam teks tulis
pesan singkat yang benar dan sesuai konteks.
2.
Menulis teks pesan singkat sesuai dengan konteks
penggunaan
nya.
|
|
|
3.14. Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk fabel, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
1. Mengidentifikasi
struktur dan unsur bahasa dalam teks Narrative
berbentuk fable.
2. Menemukan
pesan moral yang terdapat dalam teks naratif yang berbentuk fable.
|
|
|
4.18.
Menangkap makna teks naratif
lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana penggunaannya
|
1. Menangkap
makna yang terdapat dalam teks narrative dalam bentuk lisan dan tulisan.
2. Menyusun
teks naratif berbentuk fabel sederhana.
|
|
|
3.15. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagupesan dalam lagu.
|
1.
Menemukan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lagu.
2.
Mengidentifikasikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
|
|
4.19 Menangkap
makna lagu.
|
1. Menangkap makna fungsi sosial dan unsur. kebahasaan makna
lagu.
2.
Mempraktekkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan yang terdapat dalam lagu.
|
Mengetahui Banda
Aceh, 2015
Guru
pamong Mahasiswa praktikan
Nama
guru pamong Nama Guru praktik
NIP.
NIM.