Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Thursday, 11 February 2016

Pemetaan Kurikulum 2013




PEMETAAN

SEKOLAH                     : SMP
MATA PELAJARAN    : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER      
TAHUN PELAJARAN   : 2014/2015

SEM
KOMPENTENSI INTI
KOMPENTESNI DASAR
INDIKATOR
2.
1.        Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
 1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.



3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.







3.9.       Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya .

1.    Membedakan penggunaan comperative degree dan superlative degree.
2.    Menggunakan comparison degree untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.

4.        Pemetaan Kurikulum 2013 Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.10. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakantentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

     Menulis dan mempraktekan kalimat degree of comparison untuk menanyakan dan menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam kehidupan sehari-hari.



3.10.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya .

1.    Mengidentifikasi fungsi sosial dan unsur kebahasaan deskripsi.
2.    Mengetahui structure text dalam descriptive text .
3.    Menggunakan(C3) kata tanya yang tepat dalam menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.11.  Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
4.12.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

1.    Mengidentifikasika makna dalam descriptive text lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang orang, binatang, dan benda.
2.    Menulis text descriptive monolog singkat dan sederhana,tentang orang, binatang, dan benda dengan memperhatikan fungsi sosial, benar sesuai konteks.


3.11. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.    Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terdapat dalam kalimat simple past tense.
2.    Menggunakan kata yang tepat untuk menanyakan dan menyatakan kejadian/ tindakan yang terjadi di waktu lampau.


4.13  Pemetaan Kurikulum 2013 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
1.    Menulis kejadian yang pernah terjadi diwaktu lampau dengan menggunakan kalimat simple past tense dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
2.    Menggunakan kalimat simple past tense untuk menceritakan kejadian waktu lampau secara lisan.


3.12.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.    Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan dan fungsi sosial teks recount pendek dan sederhana.
2.    Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan dan fungsi sosial teks recount pendek dan sederhana.
3.    Menerapkan generic sructure dalam teks recount menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.14.  Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.15.  Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
1.    Membuat teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
2.    Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
3.    Menulis dan menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



3.13.   Pemetaan Kurikulum 2013Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya .

1.    Mengidentifikasi struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis pesan singkat yang benar dan sesuai konteks.
2.    Menyusun teks tulis pesan singkat yang benar dan sesuai konteks.


4.16.  Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.
4.17.   Menyusun teks tulis pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
1.    Mendeskripsikan informasi rinci yang terkandung dalam teks tulis pesan singkat yang benar dan sesuai konteks.
2.    Menulis teks pesan singkat sesuai dengan konteks penggunaan
nya.


3.14.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif  berbentuk fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.    Mengidentifikasi struktur  dan unsur bahasa dalam teks Narrative berbentuk fable.
2.    Menemukan pesan moral yang terdapat dalam teks naratif yang berbentuk fable.



4.18.   Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana penggunaannya

1.    Menangkap makna yang terdapat dalam teks narrative dalam bentuk lisan dan tulisan.
2.    Menyusun teks naratif berbentuk fabel sederhana.


3.15.   Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagupesan dalam lagu.

1.    Menemukan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
2.    Mengidentifikasikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu. 














4.19 Menangkap makna  lagu.

1.    Menangkap makna fungsi sosial dan unsur. kebahasaan makna lagu.
2.    Mempraktekkan  fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam lagu.



Mengetahui                                           Banda Aceh,        2015
Guru pamong                                       Mahasiswa praktikan



Nama guru pamong                          Nama Guru praktik
NIP.                                                 NIM.