Informasi Seputar Pendidikan

Pratinjau

Silabus B.Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2016

Friday, 30 September 2016

Cara Mengatur Waktu yang Benar


Setiap manusia memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Tetapi, tampaknya waktu 24 jam dalam sehari tidaklah cukup bagi mereka yang memiliki aktivitas yang begitu padat. Seperti melakukan pekerjaan, kepentingan pribadi, kepentingan keluarga, berkumpul dengan teman-teman dan istirahat. Oleh karena itu, apa yang harus kita lakukan ? Nah, pada artikel ini kita akan membahas strategi untuk membantu mengelola waktu anda sehingga lebih produktif.

Cara Mengatur Waktu Dengan Baik

1. Mengatur Waktu yang Benar

Selesaikan hal-hal yang kecil dengan segera. Banyak dari kita menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang kita tumpuk. Jika saja anda langsung meyelesaikan pekerjaan anda dalam beberapa menit, kemudian anda melakukan hal demikian pada setiap kali anda mendapatkan pekerjaan hingga pekerjaan anda selesai. Strategi ini akan membantu anda menghilangkan stress dan anda akan mempunyai waktu untuk melakukan hal-hal yang anda senangi. 

Jangan Bermalas-malasan. Dalam buku yang berjudul “The Tibetan Book of Living and Dying” Sogyal Rinpoche memperingatkan kita terhadap “Active Laziness” atau Kemalasan yang bersifat Aktif, yaitu Mengisi hidup dengan aktivitas yang tidak bermanfaat tanpa memikirkan kebaikan bagi hati, pikiran dan diri kita sendiri. Untuk mencegah hal ini, segeralah memeriksa semua kegiatan yang anda lakukan dan jangan ragu untuk merubah kegiatan tersebut sehingga kita tidak membuang-buang waktu pada hal yang tidak perlu.

Pikirkan Apa yang sedang Anda Lakukan. Kita sering melalukan hal-hal yang tidak begitu penting seperti menonton TV atau surfing di internet. Setelah itu kita bertanya kepada diri kita, Mengapa kita tidak punya waktu untuk orang yang kita cintai, ataupun untuk diri kita sendiri ?. Beristirahat dan fikirkan kembali apa yang sudah kita lakukanselama ini adalah hal yang bermaanfaat atu tidak. Sebelum kita benar-benar terjebak pada kegiatan yang tidak berguna sama sekali seperti menonton video yang tidak berkualitas sama sekali atau menghabiskan waktu didepan komputer hanya untuk melihat seekor monyet bermain bersama kucing.

2. Mengatakan "Lain Kali Saja" 
Banyak dari kita mengatakan “ya” begitu mudahnya, begitu cepat setuju dengan ajakan orang lain. Kita setuju  agar mereka menyukai kita; dan seringkali merasa perlu mengatakan “ya” hanya untuk menghindari masalah/konflik. Tetapi, ketika kita melakukannya tanpa berfikir, kita tidak hanya akan menyesal dikemudian hari, tetapi jika mengatakan  “tidak” maka kita berarti menolak mereka.
Tetapi pada artikel yang ditulis oleh Elena Aguilar, dia menyarankan “tidak” adalah cara yang ideal untuk mengelola waktu yang kita miliki. Mengatakan “tidak” memiliki makna “lain kali saja” jika waktunya tidak tepat untu melakukan kegiatan yang mereka sarankan. Meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal sebelum kita mengerjakannya dapat menyita sedikit waktu dan membuat anda sedikit tertekan. Jika kita berhati-hati dalam mempertimbangkan kegiatan tersebut atau berfikir apakah kita harus atau tidak dalam melakukan kegiatan tersebut maka kita tidak akan terjebak dengan waktu.

3. Mengelola Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap kita pasti memiliki kegiatan yang menghabiskan waktu berjam-jam. Dengan perencanaan waktu yang matang dan menejemen waktu yang tepat, kita dalam menghemat waktu bahkan energi setiap hari. Saran ini bukan saja untuk kehidupan pribadi tetapi juga bisa diterapkan untuk kehidupan profesional seperti anda.

Rencanakan Semuanya. Anda pasti tidak akan melakukan suatu perjalanan tanpa memikirkan rencana apa yang akan kita lakukan bila tiba ditempat tersebut bukan ?. Walaupun tidak semuanya perlu direncanakan terlebih dahulu. Cobalah duduk disofa yang empuk dipagi hari dan mulailah merencanakan hari yang akan anda lalui, membayangkan tentang apa yang harus dilakukan dan kapan waktu yang tepat untuk dilakukan. Merencanakan kehidupan anda  membuat anda tidak rentan terhadap gangguan dan membuat anda lebih focus terhadap apa yang ingin anda raih. Ini akan membuat anda merasa puas dalam menyelesaikan segala jenis kegiatan yang anda inginkan.

Terorganisir. Anda tidak perlu menjadi ahli organisasi dalam suatu bidang organisasi. Mulailah dengan mengatur hal-hal atau benda yang ada disekitar kita dan menata ulang menjadi suatu yang lebih rapi dan indah. Buanglah pemikiran anda tentang “barang ini tidak dipelukan lagi”. Pastikan bahwa anda menggunakan alat yang tepat sesuai fungsinya dan letakkan kembali pada tempatnya setelah digunakan. Berkomitmen untuk lebih terorganisir, maka anda hanya butuh sedikit untuk menyelesaikan semua tugas secara tuntas. 

Kesimpulannya adalah waktu sangatlah berharga, tetapi kita tidak pernah merasa cukup. Dengan mengelola waktu, kita bisa mendapatkan kembali sebagian waktu untuk mengerjakan kegiatan lainnya dalam hidup kita. Semua itu membutuhkan latihan, ketekunan, dan kesabaran. Jika kita bisa melewatinya, maka kita akan  memiliki banyak waktu untuk kembali duduk dan bersantai tanpa memikirkan pekerjaan yang belum usai.